Bahasa Inggris Untuk Si Kecil

Ketika Anda memutuskan untuk mengajarkan bahasa kedua pada si kecil, misalnya bahasa Inggris, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda hadapi. Pasalnya, tidak hanya kemampuan berbahasa pengajar saja yang dibutuhkan saat proses belajar bahasa inggris Anak usia dini, tetapi juga kedisiplinan dan keinginan tinggi dari orangtua untuk mengajarkan bahasa ini pada si kecil. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan? Ini dia daftarnya.

Penguasaan bahasa pertama atau bahasa Ibu pada anak sudah cukup.

Agar anak tidak mengalami kekagetan bahasa, maka hal inilah yang pertama kali harus dipersiapkan. Periksa dulu apakah kemampuan berbahasa Indonesia pada anak sudah dirasa cukup atau belum. Jangan sampai anak malah terlalu nyaman menggunakan bahasa keduanya sehingga ia kesulitan bersosialiasi dengan sekitarnnya karena kendala bahasa.

Disiplin menerapkan pembelajaran bahasa inggris.

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak tidak bisa ditempuh hanya dengan mendaftarkannya pada kursus. Anda juga harus turut andil dalam menerapkan sistem pembelajaran mandiri di rumah. Misalnya, dengan mengajaknya bercakap-cakap dalam bahasa Inggris atau memberinya tugas ringan dengan bahasa inggris. Hal ini dilakukan agar anak segera terbiasa dengan bahasa Inggris dan meningkatkan kepercayaan dirinya karena sering berlatih.

Sediakan alat peraga.

Alat peraga atau fasilitas pembelajaran bahasa Inggris juga penting untuk memperlancar kemampuan berbahasanya. Anda bisa menyiapkan buku-buku berbahasa Inggris untuk membantu pemahaman serta kemampuan reading-nya, menyiapkan lagu-lagu untuk melatih kemampuan listening serta speaking-nya, dan juga menyediakan chanel televisi yang menggunakan bahasa Inggris.

Pendampingan penuh dari orangtua.

Berkaitan dengan poin nomor dua, jangan sampai Anda berpikir bahwa guru di tempat kursuslah yang berperan penting dalam mengajarkan bahasa asing ini pada anak. Guru di tempat kursus hanyalah fasilitator dan Anda sebagai orangtua lah yang memegang andil serta peran penuh untuk membuat anak bisa menguasainya dengan baik.

Selain poin penting pengajaran bahasa inggris pada anak yang telah disebutkan, yang patut diperhatikan pula adalah tingkat kemampuan anak. Jangan terlalu memaksakan kehendak dengan mengajarkan bahasa Inggris pada anak ketika ia sendiri memang belum siap untuk menerimanya.

Tinggalkan komentar