Bahasa Inggris bagi Calon Penerbang

bandara-kertajati-890X395

Sejak tahun 2003, International Civil Aviation Organization (ICAO) atau dalam bahasa Indonesia berarti Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, telah memberlakukan tingkat kemahiran berbahasa (language proficiency level) untuk bahasa yang digunakan dalam komunikasi penerbangan. Bahasa tersebut diantaranya adalah Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Arab dan Cina. Sementara bahasa Inggris merupakan satu-satunya bahasa Internasional yang digunakan secara resmi.

Aturan ini dibuat mengingat bahasa menjadi faktor utama yang menentukan keselamatan pengguna transportasi udara. Oleh karena itu, sekolah pilot sudah mewajibkan siswa-siswa yang baru masuk hingga nanti persiapan kelulusan untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris pada level Operational atau pada saat ini untuk mengambil SPL (Student Pilot License) dibutuhkan score TOEIC minimal adalah 400. Sementara pada saat nanti siswa sekolah penerbangan ini (pilot) akan melamar pekerjaan dibutuhkan score TOEIC minimal 700.

Ketika menjalani pendidikan di sekolah penerbangan, semua buku operasional dan manual yang dipelajari oleh para calon penerbang menggunakan bahasa Inggris. Dan beberapa instruktur pengajar di beberapa sekolah penerbang menggunakan Native Speaker. Kesiapan bahasa Inggris ini juga nantinya digunakan oleh pilot yang mendapatkan sertifikasi untuk terbang lintas negara (internasional), dalam hak menjaga komunikasi dengan Air Traffic Controller (ATC) pada saat hendak tinggal landas, di udara maupun ketika mendarar.

Untuk informasi program bahasa Inggris menghadapi tes internasional dan persiapan kerja, hubungi EF English First Cirebon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s